Semangat Membangun Generasi Bangsa


Pembangunan Mushala Sekolah


Mempunyai musholla sekolah sudah menjadi impian warga sekolah sejak lama, selama ini kegiatan keagamaan dan salat berjamaah dilaksanakan di ruangan serbaguna (gedung Antasari/ruang pink) untuk perempuan dan Lab IPA untuk laki-laki.
Karena masuk 5 hari sekolah/ full day school, maka kegiatan salat berjamaah secara rutin dilaksanakan. 
Dalam rangka untuk mewujudkan impian memiliki mushola sekolah sejak 3 tahun terakhir telah dibuat perencanaan untuk memulai rencana pembangunan musyawarah sekolah mushola sekolah. 
Mushola yang direncanakan ukurannya 11 x 12 meter. 
Pengumpulan sumbangan sudah dimulai dan menerima sumbangan dari berbagai pihak yang tidak mengikat dimulai dari sumbangan dalam bentuk barang yaitu mulai tingkat Ulin, lapak dsb.
Pada tanggal 17 November 2022 tengah dilaksanakan pembelian kayu galam untuk pondasi sebanyak 470 buah, untuk pembelian ini sekaligus dilaksanakan kerja bakti seluruh warga sekolah mulai dewan guru dan seluruh siswa untuk mengangkut dan mengumpulkan Galam yang telah dikirim oleh penyedia galam.



Semoga menjadi amal jariah


Solidaritas Antar Sesama warga Sekolah

Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kepedulian,  solidaritas dan meringankan beban sesama warga sekolah, maka disetiap ada hal-hal atau kejadian yang memerlukan bantuan dan perhatian maka dilaksanakan penggalangan dana, Al:
1. Solidaritas bencana 
2. Solidaritas sesama warga sekolah

Solidaritas bencana yang telah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu yaitu penggalangan dana dalam rangka musibah gempa yang ada di Palu Sulawesi, dana yang terkumpul disalurkan melalui PGRI kabupaten Barito Kuala. Dana yang terkumpul sekitar 2 juta rupiah (dokumen disini).
Penggalangan dana juga dilakukan dalam rangka Solidaritas membantu sesama warga sekolah adalah membantu siswa yang sakit (opname) dan juga saat ada wali siswa yang meninggal dunia dll.
Seperti yang terjadi pada tanggal 16 Nopember 2022 telah meninggal dari orang tua siswa kelas 9, maka dilaksanakan penggalangan dana dan melawat untuk memberikan dukungan kepada keluarga yang mengalami musibah.

Sekolah Binaan Poltekkes Banjarmasin

Dalam rangka meningkatkan wawasan siswa tentang kesadaran dan wawasan masa depan, sekolah melaksanakan kerjasama dengan berbagai institusi terkait.
Kegiatan kali ini bersama Poltekkes Banjarmasin sebagai sekolah binaan. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3 Nopember 2022 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Kesehatan Banjarmasin dengan melakukan penyuluhan dan motivasi kepada siswa siswi SMP Negeri 4 Tamban.
Kegiatan diikuti oleh 30 orang siswa kelas 8 dan 9 bertempat di ruang pertemuan SMPN 4 Tamban.
Kegiatan dilaksanakan 1 hari dari jam 13 SD 16 WITA.
Terimakasih kepada BEM Poltekkes Banjarmasin.
Semoga bermanfaat 

Germas Aksi bergizi di Sekolah

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat sadar gizi terhadap masyarakat, SMPN 4 Tamban terpilih untuk kegiatan Germas melalui aksi sadar gizi yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tamban.
Kegiatan ini dilaksanakan hari Jum'at, 28 Oktober 2022.
Kegiatan dilaksanakan : Senam pagi, cuci tangan, makan siang bersama dan minum tablet tambah darah.
Kegiatan dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tamban dan dibuka oleh Kepala SMPN 4 Tamban. 

Perpisahan Pak Chaidir Rahman

Dalam 2 tahun terakhir SMPN 4 Tamban telah kehilangan guru sebanyak 6 orang terbaiknya karena pindah tugas.
Dan pada 1 November 2022  Bapak Chaidir Rahman, S.Pd guru Bahasa Indonesia telah pindah tugas ke SMP Negeri 1 Alalak.
Bapak Chaidir Rahman telah bertigas selama 12 tahun di SMPN 4 Tamban.
Terima kasih atas pengabdiannya dan semoga ditempat baru lebih sukses.

Kegiatan PERSAMI akbar Tamansari Bunga

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dilaksanakan perkemahan Akbar ke taman sari bunga.
Perkemahan diikuti oleh 9 sekolah di wilayah Tamban Mekarsari dan tabunganen mulai tanggal 29 dan 30 Nopember 2022 bertempat di Halaman SMPN 1 Tamban
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kepala sekolah wilayah taman sari bunga serta pengawas pembina dan dibuka oleh bapak Suranto, S.Pd kepala seksi SMP dinas pendidikan kabupaten Barito Kuala yang mewakili Kepala dinas pendidikan kabupaten Barito Kuala
Tujuan kegiatan Persami ini untuk mengaktifkan kegiatan pramuka di wilayah taman sari bunga setelah selama 2 tahun dilanda pandemi covid 19 dan kegiatan pramuka vakum.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan pembiayaan secara gotong royong
SMPN 4 Tamban mengikuti kegiatan ini dengan mengirimkan 2 regu (1 regu putra dan 1 regu putri) dengan jumlah peserta 2O siswa.
Siswa yang ikut adalah kelas 8 dan 9 yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler Pramuka.




Penanda Tanganan Janji Siswa


Penandatanganan janji siswa merupakan rangkaian kegiatan dari sosialisasi tata krama dan tata tertib sekolah.
Penandatanganan janji siswa ini merupakan bagian dari pendidikan karakter siswa untuk lebih menghayati dalam melaksanakan dukungan dan penegakan disiplin di sekolah.
Setiap siswa-siswi SMP Negeri 4 Tamban diwajibkan untuk menandatangani janji siswa ini sebagai bagian dari komitmen siswa untuk mendukung dan menegakkan tata krama dan tata tertib sekolah.
Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah serta diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri.
Kegiatan ini dibagi dalam dua gelombang di mana gelombang pertama diikuti oleh siswa-siswi kelas 7 dan kelas 8 sedangkan gelombang kedua diikuti oleh siswa-siswi kelas 9.
Dalam kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan membacakan janji siswa dan mencium bendera merah putih dan tanda tangan janji siswa.

Sosialisasi Tata Krama dan Tata Tertib Siswa

Untuk memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap tata tertib sekolah, maka sekolah mengadakan sosialisasi dan kajian bersama seluruh siswa siswi SMP Negeri 4 Tamban. Sosialisasi dilaksanakan serentak dibagi menjadi dua kelompok, itu kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. 
Sosialisasi ini wajib diikuti oleh seluruh siswa dan siswi untuk mendapatkan pemahaman serta menghindari penafsiran yang berbeda. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin siswa dan juga bagian dari kegiatan rutin untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa-siswi SMP Negeri 4 Tamban.
Pada kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Sekolah dan disampaikan oleh Tim pembinaan karakter sekolah. 

Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan pendidikan karakter untuk seluruh siswa siswi SMP Negeri 4 Tamban lebih baik lagi.
Aamiin.
Back To Top