Semangat Membangun Generasi Bangsa


Bab 1. Bilangan

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh ðŸ˜ƒ

          Alhamdulillah segala puji bagi Allah, yang selalu memberikan kita nikmat sehat dan juga mau untuk terus belajar di mana pun dan kapan pun juga, tidak lupa sholawat dan salam selalu kita curahkan kepada nabi kita, nabi Muhammad SAW, beserta para pengikut beliau sampai akhir masa.


          Baiklah siswa siswi kelas 7 yang bapak sayangi, materi pertama matematika yang akan kita pelajari adalah tentang Bilangan 

Kegiatan pertama kita adalah Membandingkan Bilangan Bulat

Tujuan Pembelajaran kita agar kalian mampu menjelaskan urutan pada bilangan bulat.

          Sebelumnya pada tingkat SD kalian sudah diajarkan mengenai materi ini. Pada saat di SD kalian sudah diberitahu apa itu bilangan bulat, sifat bilangan bulat, dan bagaimana operasi bilangan bulat.

Pada jenjang SMP, kalian akan mengingat kembali mengenai materi BILANGAN BULAT. 

untuk lebih mengingat bilangan bulat, kita ingat lagi tentang garis bilangan untuk bilangan bulat.

Kalian pasti sudah kenal dengan garis bilangan seperti pada contoh di atas, garis bilangan dibuat untuk mempermudah kalian dalam memahami bilangan bulat. Jadi pada garis bilangan tersebut terlihat ada tiga bagian bilangan bulat, yaitu: Bilangan bulat negatif, bilangan nol, bilangan bulat positif.

Semakin ke kanan maka bilangan akan bernilai semakin besar (tanda panah pada garis bilangan menyatakan bahwa bilangan itu tak berhingga).

Semakin ke kiri maka bilangan akan bernilai semakin kecil (tanda panah pada garis bilangan menyatakan bahwa bilangan itu tak berhingga).

Contoh:

1. Bilangan (angka) 5 lebih besar dari pada bilangan (angka) 1 atau   5 > 1

2. Angka 3 lebih besar dari angka -1 atau 3 > -1

3. Angka 0 lebih besar dari angka - 5 atau 0 > -5

4. Angka -3 lebih besar dari angka -6 atau -3 > -6, dan seterusnya.

Contoh-contoh diatas mudah di pahami karena semua angka yang ada bisa kita lihat dengan garis bilangan.

Sekarang bagaimana kalau angka yang kita bandingkan adalah angka yang besar? 

Misal : Coba tentukan mana angka yang lebih besar 4.087 dengan 67.000, apakah kalian bisa menentukan angka mana yang lebih besar?

Kalau kalian menjawab angka yang lebih besar adalah 67.000, maka jawaban kalian benar, dan kalian berarti sudah paham dengan perbandingan bilangan bulat, bagi yang belum bisa menjawab maka kita akan mengingat kembali tentang satuan angka

Dari soal di atas dengan menggunakan gambar maka dapat dilihat bahwa 4.087 berada dalam ribuan, kalau dibaca 4.087 (empat ribu delapan puluh tujuh), sedangkan 67.000 berada dalam puluhan ribu kalau dibaca (enam puluh tujuh ribu), jadi sudah jelas 67.000 lebih besar dari 4.087.

Sudah paham????

untuk yang bernilai negatif berbeda dengan yang bernilai positif. Untuk yang negatif semakin besar angkanya semakin kecil nilainya, contoh : nilai - 450 lebih besar dari pada nilai -680, contoh lain nilai 20 lebih besar dari pada - 200, atau dengan melihat garis bilangan bulat, semakin ke kiri nilainya semakin kecil, semakin ke kanan semakin besar.

Bila belum paham silakan bertanya di kolom komentar.


     


Labels: Matematika Kelas 7 Semester 1

Thanks for reading Bab 1. Bilangan. Please share...!

0 Komentar untuk "Bab 1. Bilangan"

Back To Top