Semangat Membangun Generasi Bangsa


Sistem Gerak Manusia

a. Rangka

Coba amati teman yang sedang duduk di sebelah kamu! Mengapa tubuh teman kamu itu dapat duduk dengan tegak? Apa yang membuat tubuhnya seperti itu? Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan

Gambar 1.20! 

Apabila kamu memerhatikan Gambar 1.20, seandainya kain tenda diibaratkan sebagai otot sedangkan tiang tenda diibaratkan sebagai rangka, dapatkah kamu menyebutkan fungsi dari rangka? Perhatikan

Gambar 1.21!

Setelah mencermati Gambar 1.21, kamu dapat mengetahui bahwa pada tubuh manusia terdapat banyak sekali jenis tulang. Misalnya, pada anggota tubuh bagian tangan terdapat 6 jenis tulang, yaitu tulang lengan atau (humerus) tulang pengumpil (radius)  ulna), tulang pangkal telapak tangan (karpal) tulang ruas jari (falang), dan tulang telapak tangan (metakarpal). Apabila dihitung, jumlah seluruh tulang tubuh manusia dewasa terdiri dari 206 tulang. Secara umum, ada empat fungsi utama tulang bagi tubuh, yaitu sebagai berikut. 

  1. Memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita. 
  2. Melindungi organ dalam, misalnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak. 
  3. Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang. 
  4. ada jenis tulang tertentu seperti tulang paha (femur) tulang juga berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah. Sel darah dibentuk di bagian sumsum tulang, yaitu jaringan lunak yang terdapat di bagian tengah tulang.


1) Struktur Tulang


Pernahkah kamu melihat tulang paha ayam? Apakah bentuk tulang tersebut seperti pada Gambar 1.22? Apabila kita perhatikan, ternyata struktur tulang tidak halus, melainkan terdapat benjolan pada bagian ujungnya, berbentuk bulat serta terdapat titik-titik kasar pada bagian ujung, terdapat lekukan, tonjolan, dan lubang. Masing-masing bagian ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Lekukan dan tonjolan berfungsi sebagai tempat menempelnya otot. Lubang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya pembuluh darah dan saraf. Permukaan tulang ditutupi oleh membran yang menempel dengan kuat, membran itu disebut periosteum. Pada periosteum terdapat pembuluh-pembuluh darah kecil yang berfungsi membawa zat-zat makanan ke dalam tulang. Membran ini juga penting dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang. Pada bagian bawah periosteum terdapat tulang kompak atau disebut juga tulang keras, yaitu suatu lapisan tulang yang keras dan kuat. Tulang kompak mengandung sel-sel tulang, pembuluhpembuluh darah, zat kapur dan fosfor, serta serabut elastis. Kerasnya tulang disebabkan karena tulang mengandung zat kapur dan fosfor. Sedangkan serabut-serabut elastis mempertahankan tulang agar tetap kuat, tidak mudah rapuh atau patah. Tulang spons dalam tulang pipa atau tulang panjang terdapat di daerah ujung tulang. Tulang spons kurang kompak dan mempunyai banyak ruang-ruang kecil terbuka yang membuat tulang menjadi ringan. Tulang panjang mempunyai lubang atau saluran yang besar. Saluran-saluran itu terdapat di tengah tulang panjang dan diisi oleh jaringan berlemak yang disebut sumsum. Sumsum merah tulang berada di daerah tulang panjang bagian ujung di antara tulang spons, sedangkan sumsum kuning berada di tulang panjang bagian tengah dan sebagian besar berisi lemak. Pada orang sehat, sumsum tulang merah menghasilkan sel-sel darah merah dengan kecepatan sampai tiga juta sel per sekon. Sel-sel darah putih juga dihasilkan di dalam sumsum tulang, tetapi lebih sedikit jumlahnya. Ujung tulang panjang ditutup dengan suatu lapisan jaringan tebal, lunak dan lentur, yang disebut dengan tulang rawan (kartilago). Tulang rawan tersusun atas sel-sel yang dikelilingi oleh matriks protein yang dihasilkan oleh sel-sel tersebut. Selain di ujung-ujung tulang panjang, tulang rawan juga dapat ditemukan di ujung-ujung tulang rusuk, dinding saluran pernapasan, hidung, dan telinga.

2) Macam-Macam Tulang pada Sistem Rangka

Tahukah kamu bentuk tulang yang ada pada tangan, tulang jari dan tulang pipi? Coba sekarang rabalah tulang lengan bawah, tulang jari-jari tangan, dan tulang pipi. Kamu akan merasakan bahwa bentuk dan ukuran tulang-tulang tersebut tidak sama. Bentuk tulang manusia dibedakan menjadi empat yaitu 1. tulang panjang, misalnya tulang lengan (humerus) 2. tulang pipih misalnya tulang dada (sternum), 3. tulang pendek misalnya tulang ruas jari (falang) dan 4. Tulang tidak beraturan misalnya tulang pungung (vertebra). Agar kamu memahaminya, coba perhatikan Gambar 1.23!




Expression: Giving congratulation, hope and wishes

Assalamualaikum wr.wb
hello class,
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan terkait materi Expression: Giving congratulation, hope and wishes.
sebelum kita mengetahui lebih dalam, silahkan simak video dibawah ini:




Setelah kalian menonton video, dalam kolom komentar dibawah ini, silahkan tulis ungkapan-ungkapan yang kalian temukan dalam video tersebut!!!


Berikut penjelasan mengenai materi Expression: Giving congratulation, hope and wishes.

Goal/Tujuan dari pembelajaran pada bab ini adalah:
To congratulate others for their fortunes and achievements (Memberikan ucapan selamat kepada orang lain atas kebahagiaan dan prestasi)

To express hopes and wishes to others (memberikan  doa, harapan dan keinginan  untuk orang lain supaya dikabulkan apa yang dicita-citakanya, apa yang diharapkannya.

I.
Congratulation

Adalah ucapan selamat yang ditujukan kepada seseorang atas prestasi dan kebahagiaan yang diraih. 
Contoh: prestasi sekolah, lomba (Competition), mendapakan beasiswa(scholarship), ulang tahun (aniversary), getting permission, etc.

Contoh ekspresi/ungkapan yang digunakan:
-      Congratulations, Ana!
-      Congratulations on winning the English speech contest!
-      Congratulation Adi on being the champion!
-      I’m happy for you.Congratulations!
-      Congratulations Shidqi, you become the winner!
-      Congratulations you passed the exams!
-      Congratulations for your graduation!
-      That’s a very beautiful handycraft!
-      Zahra,That’s a beautiful picture!
-      Wow, your menu is delicious!
-      Good on you Fayyadh!
-      You sing like a real singer.
-      Etc.


II.
Hope/wish
Adalah ungkapan atau ucapan seseorang yang menunjukkan doa, harapan dan keinginan terhadap orang lain supaya lebih baik, dan terkabul cita-cita atau yang menjadi harapannya.

Contoh ekspresi/ungkapan hope/wish:
-      I hope ...
-      I hope you will win the first prize
-      I hope you pass the examination
-      Wish you luck
-      Wish me luck
-      Good luck
-      Etc.



Setelah memahami materi diatas, silahkan jawab pertanyaan untuk penilaian 1 pada link dibawah ini :


Expression: Asking and giving Opinion

Assalamualaikum wr.wb.
Hello class, 
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa penjelasan terkait materi Expression: Asking and Giving opinion. 

sebelum kita mengetahui, apa itu expression : Asking and giving opinion, silahkan simak video pembelajaran dibawah ini: 






Setelah kalian mengamati video tersebut,  dalam kolom komentar,silahkan kalian tuliskan, ungkapan-ungkapan yang ada didalam video!

Setelah itu, perhatikan penjelasan dibawah ini:

Materi Asking and Giving Opinion

Asking and Giving Opinion ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan, menjawab atau merespon suatu pendapat. Dalam Opinion, biasanya terdapat beberapa kata kerja yang digunakan antara lain believe (percaya), reckon (memperhitungkan), think (rasa/pikir), doubt (meragukan), assume (berasumsi), agree (setuju), atau don’t agree (tidak setuju).

Contoh Asking or Giving Opinion

Berikut ini saya berikan beberapa contoh kalimat tentang bagaimana seseorang bertanya atau memberikan pendapatnya :

Asking Opinion (Menanyakan Pendapat/Opini)

• What do you think of…?
• What is your opinion?
• What do you think about…?
• What is your idea?
• How about…?
• How do you feel?
• How do you think?
• Please give me your opinion?
• Give me your comment?
• Do you have opinion of…?
• Do you have any idea?
• What is your comment?
• How is your opinion?
• How about this?
• How do you like?
• How was the trip?
• How do you think of my idea?
• What are you feeling?
• What your view on?
• What is your reaction?
• What do you like?
• Do you like that?
• Do you think is it good?

Giving Opinion (Memberikan Pendapat)

• In my opinion
• I personally believe
• I tend to think that
• It is my comment
• In my view
• As far I know
• I think….
• I think that
• I think I like it
• I personally consider ….
• In my opinion
• From my point of view
• The way I see is that
• My comment is



Setelah memahami materi diatas, 

silahkan menjawab pertanyaan untuk penilaian 1 pada link dibawah ini:


SURAT EDARAN TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SURAT EDARAN TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pesan Penting
----------------------------



SURAT EDARAN
NOMOR: 102/421.3/SMPN4-TBN/2020

TENTANG
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sehubungan dengan Surat Dinas Pendidikan Barito Kuala nomor : 800/736/-1.1/Set-Disdik/2020 tentang Pemberitahuan Penundaan Belajar Tatap Muka serta larangan pembelajaran tatap muka ,  dengan ini disampaikan bahwa kepada seluruh wali murid , siswa-siswi yang mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring atau non daring/ luring bahwa:

  1. Sekolah membentuk pos layanan pembelajaran yang berada di dalam setiap desa terdeka untuk peserta luring
  2. Setiap siswa non daring/ luring, wajib berkoordinasi dengan kelompok pos layanan terdekat dalam memperlancar pembelajaran non daring.
  3. Setiap siswa yang megikuti pembelajaran non daring/luring wajib mengikuti dan mengerjakan tugas-tugas sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan minimal 1 minggu sekali untuk menyerahkan seluruh tugas yang di tetapkan melalui pos layuanan pembelajaran.
  4. Setiap siswa mengikuti layanan pembelajaran non daring wajib mengisi form isian terlampir dalam edaran manual.
  5. Bagi siswa yang tidak terdafdar dan atau tidak  mengikuti pembelajaran secara daring dan juga  non daring di anggap mengundurkan diri sebagai siswa SMPN 4 Tamban.
  6. Bagi siswa yang mengikuti pembelajaran secara daring (online) wajib mengikuti pembelajaran serta mengerjakan tugas secara online sessuai dengan ketentuan.
  7. Bagi siswa yang terdaftar sebagai peserta pembelajaran secara daring  wajib mengerjakan tugas-tugas secara berkala sesuai dengan ketentuan.
  8. Bagi siswa yang dalam 2 minggu tidak mengikuti pembelajaran baik peserta pembelajaran daring atau non daring/ luring diberikan peringatan dan pemberitahuan kepada wali murid
  9. Bagi siswa yang tidak mengikuti pembelajaran baik daring maupun  non daring selama 6 minggu dinyatakan mengundurkan diri.
  10. Setiap siswa yang mengikuti pembelajaran daring wajib mengisi form pernyataan yang ada di blog sekolah http://gg.gg/esempe4tamban di bawah edaran tersebut
Demikian surat edaran ini disampaikan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.




Tamban, 24 Juli 2020
Kepala Sekolah




Drs. JUMI'AN, MM
NIP. 19650812 199703 1 008









 
 




membuat makanan dari bahan singkong

Amati vidio berikut ini kemudian buatlah kerajinan yang terbuat dari bahan tanÃ¥h liat kemudian kirim lewat link dibawah ini 

HUKUM NEWTON



Hukum gerak Newton adalah tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum ini telah dituliskan dengan pembahasaan yang berbeda-beda selama hampir 3 abad,[1] dan dapat dirangkum sebagai berikut:
  1. Hukum Pertama: setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut.[2][3][4] Berarti jika resultan gaya nol, maka pusat massa dari suatu benda tetap diam, atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan). Hal ini berlaku jika dilihat dari kerangka acuan inersial.
  2. Hukum Kedua: sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma. Bisa juga diartikan resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut terhadap waktu.
  3. Hukum Ketiga: gaya aksi dan reaksi dari dua benda memiliki besar yang sama, dengan arah terbalik, dan segaris. Artinya jika ada benda A yang memberi gaya sebesar F pada benda B, maka benda B akan memberi gaya sebesar –F kepada benda A. F dan –F memiliki besar yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ini juga terkenal sebagai hukum aksi-reaksi, dengan F disebut sebagai aksi dan –F adalah reaksinya.
Ketiga hukum gerak ini pertama dirangkum oleh Isaac Newton dalam karyanya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica, pertama kali diterbitkan pada 5 Juli 1687.[5] Newton menggunakan karyanya untuk menjelaskan dan meniliti gerak dari bermacam-macam benda fisik maupun sistem.[6] Contohnya dalam jilid tiga dari naskah tersebut, Newton menunjukkan bahwa dengan menggabungkan antara hukum gerak dengan hukum gravitasi umum, ia dapat menjelaskan hukum pergerakan planet milik Kepler. (Di copy dari wikipedia)
BACA JUGA MATERI BUKU BSE  HAL 11 SAMPAI 19
Tugas (soal sama dengan buku bse hal 20)

Bagi hp yg tidak bisa buka tugas di bawah ini buka dengan crom

Memasak Ketupat (Kerajinan Ketupat)

Pada Kegiatan Proyek yang ke 2 ini kelanjutan dari tugas sebelumnya

Tujuan dari tugas ini adalah
1. Setiap Siswa harus bisa memgisi dan memasak ketupat sampai bisa dinikmati!

Perhatikan penjelasan uraian  tugas di bawah ini
========================================================


========================================================

Setelah mendengar penjelasan dari uraian diatas , selanjutnya untuk gambaran memasak ketupat silahkan juga menonton video dibawah ini



Setelah menonton video dia atas jawablah peranyaan di bawah ini

Pasword/ token : ketupatbungas

Tugas 1



Tugas ke 2

Memasak Ketupat minimal 2 buah ya!
Setiap siswa harus menguploud 5 foto sedang meulai mengisi sd memasak ketupat yang masak
Yang masak ditunjukkan 1 buah dibelah dua
Untuk Uploudnya ke Link disini

Caranya uploud lihat Foto dibawah 




Bagi yang tidak menggunakan foto bisa menggunakan video dengan mengisi Link dibawah ini 



Kalau ada yang belum jelas dan tidak paham pastikan bertanya dengan memberikan komentar dibawah ya
Caranya : 


Pesan Setelah Membaca, mendengar dan melihat tugas diatas silah di dengarkan audio berikut!

=======================================





==========================


Yang belum mengerjakan lanjut di classroom aja.

NILAI YANG SUDAH MENGERJAKAN



SOP Belajar di Grup Whatshaps untuk sisswa

SOP Belajar di Grup Whatshaps untuk sisswa

Tata Tertib Belajar
  1. Jam belajar jam 08.00 sd 11.30 wita diluar jam belajar GWA dikunci. 
  2. Setiap jam pelajaran, siswa harus absen sesuai ketentuan 
  3. Setiap bertanya selalu menuliskan namanya dahulu, Contoh: Adul tanya tentang...... 
  4. Siswa dilarang menggunakan audio kecuali ijin dulu dan guru memberi ijin, ijin diberikan dg pertimbangan urgen yg disampaikan mungkinterlalu panjang dan atau guru memerintahkan. Contoh ijin menggunakan audio: Adul mohon ijin menggunakan audio karena..... Atau tentang.... 
  5. Siswa dilarang kirim stiker
  6. Siswa dilarang mengirim gambar, audio atau video yang tidak ada hubungannya  dengan materi kecuali guru mengijinkan atau memerintahkan, Contoh  ijin mengirim video: Adul ijin memgirim video tentang..... 
  7. Siswa aktif mengikuti pembelajaran pada saat jam belajar berlangsung didalam GWA dan tidak diperbolehkan untuk melakukan chat pribadi / japri (gunakanlah  GWA sebagai sarana belajar baik tanya jawab maupun diskusi)
  8. Setiap siswa yang melanggar akan diberi teguran dan poin/ sangsi, sangsi terberat adalah siswa dikeluarkan dari GWA. 
Tata tertib ini akan disesuaikan setiap saat sesuai perkembangan situasi dan kondisi.
Semoga menjadi Perhatian semuanya 


Pengumuman Pembagian Kelas 7

Kelas 7A
Silakan bergabung ke grup WhatssApp kelas 7A
Klik disini untuk bergabung

Kelas 7B


Silakan bergabung ke grup WhatssApp kelas 7B
Klik disini untuk bergabung dengan grup


Silakan bergabung dengan grup WhatsApp kelas masing-masing, untuk mengikuti petunjuk selanjutnya mengenai peminjaman buku dan lain-lain.

Nb :
  1. Penulisan nama yang salah, masih bisa diperbaiki
  2. Bila ada nama yang tidak tercantum, silakan melapor ke panitia PPDB melalui grup WhatsApp Tim PPDB. 
Gerak Lurus

Gerak Lurus

Gerak lurus beraturan

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap dikarenakan tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
dengan arti dan satuan dalam SI:
  • s = jarak tempuh (m)
  • v = kecepatan (m/s)
  • t = waktu (s)

Gerak lurus berubah beraturan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu objek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan, rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.
dengan arti dan satuan dalam SI:
  • v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
  • a = percepatan (m/s2)
  • t = waktu (s)
  • s = Jarak tempuh/perpindahan (m)

Untuk materi ini juga bisa dilihat pada buku BSE berikut link download d play store

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tricahyo.ebook.bse.kurikulum2013.smp.kelas8.ipa.semester1

Contoh Soal
Soal: Seorang pengendara sepeda bersepeda selama 2,5 jam sepanjang lintasan lurus. Berapa jarak yang ditempuh jika diketahui kecepatannya sebesar 18 km/jam?

SOLUSI:
Rumus Kecepatan adalah v = \frac{s}{t}
Maka, dapat kita tuliskan kembali menjadi: s = v \cdot t
s = 18 \frac{km}{jam} \cdot 2,5 jam = 45 km
Jadi, pengendara sepeda tersebut telah menempuh jarak sejauh 45 km.

Back To Top